Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 3 Syarat Jadi Guru Hebat

Direktur GTK Madrasah Kemenag, M Zain mengakui ada tiga syarat dalam mencetak guru hebat, yakni passion, kompetensi, dan komunikasi. 

Dari sisi passion, bilang Zain, dapat dipahami sebagai semangat, gairah, dan antusiasme. Passion sangat menentukan karier seorang guru. Guru yang memiliki passion akan melahirkan peserta didik atau siswa yang bersemangat.  

Gambar hanya ilustrasi.


"Guru yang berdedikasi tinggi akan melahirkan kinerja yang baik. Juga akan memengaruhi proses pembelajaran yang berkualitas," ungkap Zain dalam keterangan resminya, Kamis (26/11/2020). Syarat kedua, sebut dia, terkait kompetensi dan kualifikasi ahli. Jadi guru harus memiliki bidang keahlian, dan juga mereka harus menjadi guru profesional. Kompetensi juga, sambung dia, terkait dengan kualifikasi pendidikan. 

Guru yang belum berkualifikasi sarjana harus menempuh pendidikan sarjana. Sebab, kesarjanaan seorang guru akan berbanding lurus dengan penguasaan materi pembelajaran dan itu berujung pada kualitas proses pembelajaran dalam kelas. 

"Guru yang menyandang gelar sarjana, sejatinya memiliki kemampuan berpikir logik dan sistematis. Dengan cara berpikir logik inilah yang akan membawa peserta didik menjadi berkualitas tinggi," jelas dia. Hal ketiga, terkait komunikatif. 

Salah satu tugas utama guru adalah mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Karena itu, lanjut Zain, pola komunikasi guru sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran. "Tugas mulia guru harus dibarengi dengan kepiawaian komunikasi. 

Mentransfer nilai-nilai luhur atau apapun namanya bukanlah perkara mudah. Seorang guru dituntut keahlian khusus untuk tugas yang satu ini," ujarnya. 

Guru harus miliki keteladanan dan integritas Tak hanya ketiga itu, guru juga harus memiliki keteladanan dan integritas. Dia berharap peringatan Hari Guru Nasional dapat menjadi momentum untuk melahirkan guru hebat untuk madrasah bermartabat.