Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Pajak Bumi dan Bangunan Beserta Cara Penyelesaian

Anda sedang mencari contoh soal pelajaran untuk masalah pajak? jika Ya! artinya Anda sangat tepat sekali membuka blog ini. Karena kami akan membagikan beberapa contoh soal pajak bumi dan bangunan beserta cara mengerjakannya untuk kalian semua.

Contoh Soal Pajak Bumi dan Bangunan Beserta Cara Penyelesaian


Sebelum itu, saya ingin tes saudara terlebih dulu. Yang kalian tau, apa sih itu PBB? bagi yang memiliki bangunan pasti tidak asing dengan singkatan kata ini. PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) yaitu pajak yang ditanggung oleh orang pribadi atau badan yang mendapatkan keuntungan dan/atau kedudukan sosial ekonomi yang lebih baik karena hak atas tanah dan bangunannya.

Jangan lama-lama! mari simak contoh soal dibawah ini:

Anda sebagai juragan memiliki sebidang tanah dengan panjang 100 m dan lebar 20 m. Harga tanah Anda senilai 500.000/m². Diatasnya juga berdiri kandang ayam permanen milik Anda (Anda juragan ayam) luasnya 200 m² dengan harga Rp. 700.000/ m². 

Disampingnya juga ada secuil tanah untuk dijadikan pengolahan kotoran ayam menjadi kompos seluas 20 m² dengan harga Rp. 400.000 m². Disitu juga terdapat pagar yang menghiasi kandang ayam saudara dengan luas 20 x 2 m dengan harga 1 juta/ m². Anda dikenai tarif pajak 0, 5% dan dasar pajak 20%.

Jadi, berapa besar PBB yang harus Anda bayar?

Silakan jawab contoh soal diatas!

Besarnya persentase NJKP apabila NJOP-nya ≥ Rp1.000.000.000,00 adalah 40%, dan
apabila NJOP-nya < Rp1.000.000.000,00 adalah 20%.

Jika sudah mengerjakan sekarang samakan dengan jawaban dari kami. Silakan lihat jawaban kami di tombol bawah:

Anda memiliki rumah seluas 100 m² yang berdiri diatas tanah seluas 150 m². Jika harga bangunan tersebut seharga Rp. 500.000 m² dan tanahnya seharga Rp. 1.000.000 m². 

Jadi berapakah PBB yang harus dibayarkan oleh Anda?




Penetapan NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) untuk bumi dan bangunan meliputi:
1. Faktor penentuan dasar

  • Letak 
  • Kegunaan 
  • Peruntukan 
  • Kondisi wilayah 

 2. Faktor lain:

  • Bahan material yang dipakai 
  • Rekayasa 
  • Letak 
  • Kondisi lingkungan
Demikian sedikit dari kami mengenai pembahasan PBB serta contoh soalnya. Semoga contoh soal ini bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih dan salam...