Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Contoh Soal Fungsi Permintaan Beserta Pembahasan

Untuk menjadi yang terbaik adalah dengan belajar atau mencoba berbagai macam soal yang ada. Untuk itu, bagi kalian yang mencari soal mata pelajaran ekonomi kami berikan contoh soal fungsi permintaan beserta kunci jawabannya yang sengaja saya sembunyikan agar kalian bisa mengerjakannya terlebih dahulu sebelum melihat hasilnya.

Yang menjadi kunci sukses kalian menguasai mata pelajaran ekonomi adalah dengan mencoba berbagai soal dan terus berlatih. Seperti kalian terus melakukan transaksi jual-beli dalam skala kecil. Untuk itu, disini kami juga akan menampilkan contoh soal fungsi permintaan linear sebagai soal tambahan untuk kalian.

Tak lupa berikut rumus yang bisa kalian pakai:

5 Contoh Soal Fungsi Permintaan Beserta Pembahasan


Mari kita coba soal yang pertama:

1. Harga Buku “Gelatik” Rp 10.000 lalu sedangkan pengharapan akan barang tersebut sebanyak 10 lusin, dan pada saat harga buku turun menjadi Rp 8.000 per lusinya sehingga permohonannya menjadi 16 lusin. Hitunglah fungsi permintaanya ?

2. Didalam pasar didapat fungsi permintaanya ialah Qd = 40 – 2P. Maka berapa banyak jumlah permintaan pada saat harga (P) = 10 ?

3. Saat ini harga sebuah TV mencapai Rp 40 per unit, jumlah penawarannya  10 unit. Dan ketika harga Rp 60 per unit, jumlah penawarannya 20 unit. Tentukan fungsi penawarannya!

4. Saat ini harga daging ayam kampung Rp60.000,00/kg dan jumlah daging ayam kampung yang ditawarkan 5.000 kg. Tiba-tiba harga naik menjadi Rp80.000,00/kg dan jumlah daging yang ditawarkan naik menjadi 6.000 kg. Berapa fungsi penawarannya!

5. Apabila diketahui fungsi permintaan Qd : 820 - 2P dan fungsi penawaran Q : -380 + 4P. Maka jumlah dan harga keseimbangan berapa?


Lebih lanjut mengenai fungsi permintaan ini. untuk menambah wawasan tentang pelajaran ekonomi ini mari kita bahas! Apa sih itu fungsi permintaan?

Fungsi permintaan merupakan sebuah fungsi untuk memaparkan/menampilkan kuantitas (jumlah) antara barang serta jasa saat diinginkan oleh masing-masing konsumen dengan harga barang dan jasa yang harus ditentukan.

Menurut Wikipedia.org fungsi permintaan dalam ilmu ekonomi adalah sebuah fungsi yang menunjukan hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang diminta oleh masyarakat. "Fungsi Permintaan" berasal dari dua kata, yaitu fungsi dan permintaan. "Fungsi" adalah ketergantungan suatu variabel dengan variabel lainnya.

Adapun fungsi permintaan memiliki beberapa sifat yang diantaranya adalah:
  1. Fungsi permintaan bersifat negatif. 
  2. Titik titik pada fungsi permintaan tidak dapat memiliki nilai negatif dan tidak mungkin bernilai tak terhingga (~), ini berarti fungsi permintaan selalu terletak di kuadran I.
  3. Fungsi permintaan bisa berbentuk linier atau kurva.
  4. Fungsi permintaan memiliki fungsi satu-satu

Demikian pembahasan soal kali ini. Semoga dengan soal ini kalian mampu menyelesaikan tugas dari guru dan mampu mengingat saat ujian nanti. Terima kasih